5.6.11

Tambahan Khusus dalam Bisnis Affiliasi

Untuk satu jenis produk Affiliasi, 
akan ada ratusan bahkan sampai ribuan afiliasi yang aktif mempromosikannya. 
Affiliate marketing adalah bisnis kompetitif. Namun hasil afiliasi dapat menyajikan masalah yang menantang bagi afiliasi masing-masing. Salah satunya adalah bahwa satu pelanggan mungkin sudah mendengar tentang produk yang dipromosikan oleh suatu afiliasi. Dan pelanggan ini mungkin sudah menemukan bahan promosi untuk produk ini.



Banyak afiliasi menawarkan produk yang sama. Bagaimana bisa suatu afiliasi menonjol dari yang lain, sehingga pelanggan akan memilih dia dan bukan afiliasi lainnya? Apa yang membuat satu afiliasi berbeda dan lebih baik dari afiliasi yang lain? Ini adalah tantangan bagi banyak afiliasi, terutama yang baru.




Salah satu solusi kreatif dan disarankan oleh banyak ahli pemasaran afiliasi adalah penggunaan tambahan khusus. Tambahan Khusus adalah sesuatu yang berharga yang diberikan kepada pelanggan jika pelanggan ini membeli produk dari merchant melalui website affiliate. afiliasi juga harus menyebutkan bahwa tambahan khusus tersebut tidak dapat diperoleh dari situs-situs lain. Hal ini akan memperingatkan pengunjung bahwa jika ia membeli produk dari link lain, ia tidak akan memiliki tambahan khusus. Dan jika itu tambahan khusus tersebut dibutuhkan oleh pengunjung, ia akan tetap berada di website afiliasi tersebut dan menghentikan browsingnya.



Sekarang afiliasi telah memutuskan untuk memberikan tambahan khusus. Pertanyaan berikutnya adalah apa tambahan khusus akan menarik bagi pelanggan. Jawaban atas ini akan tergantung pada jenis pelanggan yang ingin membeli produk. Dan jenis produk yang akan memberikan petunjuk yang tepat pada kepribadian pelanggan.


Sebagai contoh, jika website afiliasi adalah tentang hobi bermain gitar, menawarkan informasi tentang sepak bola tidak akan menarik bagi sebagian besar pemain gitar.



Di sisi lain, jika affiliate menawarkan informasi di potongan kertas di tempat-tempat pemain musik, pemain gitar pasti akan tertarik dan mungkin tanpa ada keraguan sama sekali dalam mengklik link yang akan membawanya ke website merchant tersebut.



Tambahan Khusus lain dapat berupa email gratis atau konsultasi telepon, e-book atau link dan diskon serta iklan dalam newsletter.



Apa yang harus diingat oleh pihak afiliasi adalah bahwa tambahan khusus tersebut harus relevan dengan produk utama yang dijual.

Semoga bermanfaat.

1 komentar: